Senin, Oktober 04, 2010

Tidak Akan Ada Firefox Untuk iPhone

Mozilla kembali menolak usulan untuk mengembangkan versi Firefox untuk iPhone. Mozilla menyatakan bahwa mereka lebih tertarik fokus untuk mengembangkan software sinkronisasi Firefox Home untuk iOS.

Firefox Home, yang sudah tersedia di Apple Application Store pada Juli 2010 lalu tersebut bukan merupakan browser, akan tetapi merupakan teknologi bookmark dan sinkronisasi yang disediakan di Firefox.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna mengakses bookmark dan history milik browsernya dan juga membuka tab dari sesi terakhir Firefox mereka. Aplikasi untuk iPhone itu juga menyediakan teknologi dari address bar milik Firefox yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian terhadap halaman yang sudah pernah dikunjungi lewat keyword atau karakter.

Download browser Firefox versi terbaru. Firefox tidak akan membuat versi iPhone.

Meski demikian, sinkronisasi hanya dapat dilakukan satu arah, dari Firefox di komputer desktop ke iPhone. Tidak sebaliknya. “Orang bertanya apakah kami akan menambahkan fitur serupa browser pada Firefox Home. Sayangnya ada batasan teknis yang menyulitkan bahkan tidak memungkinkan kami untuk membangun browser Firefox untuk iPhone,” kata Ragavan Srinivasan, Product Manager Mozilla, seperti dikutip dari PCWorld, 4 Oktober 2010.

Meski Apple telah mengklarifikasikan kebijakan terbaru untuk App Store mereka, akan tetapi browser kompetitor tetap dilarang masuk ke sana kecuali kalau mereka bersedia menulis ulang kode program untuk browser tersebut.

Aplikasi untuk menjelajah internet harus menggunakan framework WebKit iOS dan WebKit JavaScript’ sebut panduan Apple. Sementara, Firefox menggunakan rendering engine Gecko dan JavaScript sendiri yakni TraceMonkey.


Sumber: VIVAnews, PCWorld

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails