Senin, Oktober 11, 2010

Motorola Anggap Apple Langgar Hak Paten

Perusahaan produk telekomunikasi Motorola telah mengajukan gugatan terhadap pesaingnya Apple karena melanggar hak paten. Motorola menyatakan bahwa Apple iPhone, iPad, dan beberapa komputer Machintosh diangap telah melanggar hak cipta produk Motorola. Motorola mengatakan anak perusahaan Motorola Mobility telah mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan Internasional AS (ITC), serta di dua pengadilan Illinois dan Florida, Amerika Serikat.

Motorola menambahkan, secara keseluruhan tiga gugatan dilayangkan termasuk 18 hak paten yang berhubungan dengan teknologi yang ditemukan pada banyak produk inti Apple dan layanan terkait, termasuk MobileMe dan App Store. Menurut Motorola, Apple diduga melanggar hak paten yang berhubungan dengan antena desain, email nirkabel, kedekatan penginderaan, aplikasi manajemen perangkat lunak, layanan berbasis lokasi, dan sinkronisasi multi-perangkat.

Motorola Gugat Apple. Perseteruan antara Motorola & Apple.

Motorola telah meminta ITC untuk memulai penyelidikan terhadap Apple yang telah mengambil hak paten Motorola. Selain itu, Motorola melarang impor dan penjualan produk Apple yang melanggar hak cipta produk di Amerika Serikat. Apple juga diminta berhenti menggunakan teknologi yang telah dipatenkan Motorola, serta memberikan kompensasi atas pelanggaran sebelumnya.

"Setelah Aplle masuk ke pasar telekomunikasi, kami berusaha melakukan negosiasi yang cukup panjang. Namun, Apple menolak untuk mendaftarkan lisensi untuk produknya sendiri," kata Kirk Dailey, Wakil Presiden Motorola Mobilitas, dalam sebuah pernyataan.


Sumber : Liputan 6, XinHua

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails